Search

KPPI Menghadiri Perundingan Putaran ke 5 Indonesia - Eurasian Economics Union Free Trade Agreament (I-EAEU FTA)

  Dengarkan Berita Ini


KPPI sebagai salah satu anggota delegasi Indonesia (DELRI) pada perundingan Putaran ke 5 Indonesia - Eurasian Economics Union Free Trade Agreament (I-EAEU FTA) dalam working group Trade Remedies, yang dilaksanakan pada tanggal 21-25 Juli 2024 di Hotel Golden Tulip, Kota Batu Provinsi Jawa Timur. Anggota delegasi Indonesia yaitu Direktorat Pengamanan Perdagangan (DPP), Komite Anti Dumping Indonesia (KADI), Direktorat Kementerian Eropa II, Kementerian Luar Negeri, dan Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI). Indonesia dan EAEU sepakat menyelesaikan perundingan terkait dengan Trade Remedies guna dapat meningkatkan akses pasar antar kedua pihak. Hasilnya diperoleh bahwa Indonesia dan EAEU telah menyepakati 10 (sepuluh) dari 16 (enam belas) pasal mengenai Trade Remedies. Selanjutnya, Indonesia dan EAEU bersepakat akan melakukan pertemuan perundingan intersesi pada bulan Agustus 2024.

KPPI sebagai anggota Delri dalam Pembahasan Safeguard Measures dengan pihak EAEU.

Indonesia dan EAEU telah melakukan pembahasan draft legal text terkait dengan Trade Remedies secara keseluruhan. Hasilnya adalah kedua belah pihak berhasil menyepakati 10 dari 16 Pasal dalam Working Group Trade Remedies.

Opening Plennary antara seluruh anggota Delegasi Indonesia dan EAEU yang dilaksakan pada tanggal 22 Juli 2024 di Hotel Golden Tulip, Kota Batu Provinsi Jawa Timur.